Membuat Menu Berjalan Dalam Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran

Posted: April 11, 2012 in Uncategorized

Membuat Menu Berjalan

Dalam Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran

Kadang kita dalam membuat media presentasi butuh variasi menu agar tidak selalu sama, kali ini saya menawarkan animasi menu berjalan yang dibuat dengan menggunakan power point.

Apa itu ANIMASI MENU BERJALAN ?

Animasi menu berjalan kita definisikan secara sederhana sebagai menu (tombol navigasi) untuk pindah antar slide yang kita buat dengan posisi berjalan. Teknik yang kita pakai adalah teknik perpindahan slide.

Bagaimana prinsip ANIMASI MENU BERJALAN ?

Prinsip animasi menu berjalan ini bisa beragam, untuk itu biar menyamakan persepsi kali ini yang kita pakai adalah sebuah menu yang selalu berjalan tetapi kalau didekati mouse menu akan berhenti dan kita bisa memilih navigasi yang kita inginkan, dan jika kita tidak jadi memilih dan mouse di jauhkan dari menu, maka menu kembali berjalan, prinsip yang seperti ini yang kita pakai kali ini dalam animasi menu berjalan, tentunya masih banyak prinsip yang lain.

Bagaimana cara membuat ANIMASI MENU BERJALAN diatas ?

Pada slide pertama:

 

  1. kita buat tulisan atau gambar sebanyak menu yang kita buat (bila dalam bentuk tulisan sebaiknya gunakan word art atau teks box yang terpisah satu dengan yang lainnya). Biar tampak rapi upayakan teks box atau gambarnya dibuat ukurannya sama.
  2. Tempatkan gambar atau teks box berjajar dari kiri ke kanan tanpa jarak.
  3. pilih semua gambar yang akan dijadikan menu (drag semua) kemudian kita group, sekarang kita sesuaikan gambar hasil group dengan panjang stage pada slide, Panjang gambar hasil group harus sama dengan panjang stage pada power point, untuk itu kita bisa tarik keluar atau dorong kedalam agar sama dengan panjang stage.
  4. Menu yang kita buat pada langkah no 3 kita copy, sehingga sekarang kita memiliki 2 gambar menu yang sama.
  5. Pada gambar menu yang pertama kita beri animasi fly In, Direction from right dangan speed 15 second biar tidak terlalu cepat, dengan pengulanagn terus menerus
  6. Caranya klik gambar pertama masuk menu slide show pilih menu custom animation, klik add effect pilih entance dan cari animasi Fly In, pilih start with previous, dengan direction from right, dengan speed ketik angka 15 biar gak terlalu cepat, kemudian pada repeat pilih until end of slide
  7. Pada gambar menu yang kedua kita beri animasi fly out, Direction to left dangan speed 15 second biar sama dengan kecepatan gambar pertama, dengan pengulanagn terus menerus
  8. Caranya klik gambar pertama masuk menu slide show pilih menu custom animation, klik add effect pilih exit dan cari animasi Fly Out, pilih start with previous, dengan direction to left, dengan speed ketik angka 15 biar sama dengan kecepatan gambar pertama, kemudian pada repeat pilih until end of slide.
  9. Sekarang tumpuk gambar pertama dan kedua kemudian jalankan dengan slide show, gambar menu akan berjalan dari kiri kekanana secara terus menerus. Layaknya teks berjalan seperti di televise..

Pada Slide Kedua:

 

  1. Buat slide kedua dengan jalan insert new slide
  2. Copy 1 gambar menu yang ada di slide pertama, kemudian hilangkan semua animasinya, dengan jalan klik gambar yang dihilangkan animasinya kemudian pilih slide show pilih custom animasi pada task pane (menu yang dikanan) pilih remove.
  3. sekarang kita lepas group menu pada slide ke dua, dengan jalan klik kanan gambar menu kemudian pilih grouping dan pilih ungroup.
  4. Masing-masing menu sudah bisa di beri navigasi dengan jalan slide show kemudian pilih action setting pilih menu hyperlink to pilih nomer slide yang mau dihubungkan, lakukan pada menu-menu yang lain.
  5. sekarang di coba di slide show, menu diam dan bila kita dekati dengan mouse berubah menjadi tangan. Kemudian kita juga harus tambahankan halaman yang menjadi tujuan pada menu navigasi slide kedua ini.

Menghubungkan slide pertama dan kedua.

 

 

 

 

 

  1. Pada slide pertama, diatas dan dibawah menu kita pasang jebakan untuk memaksa mouse pindah ke slide kedua jika mendekati menu.
  2. Jepakan bisa berupa kotak memanjang yang kita buat transparan sampai sekitar 96%, atau gambar hisan lain.
  3. cara membuat jebakan dengan jalan kotak memanjang atau hiasan kita klik kemudian pilih slide show pilih action setting, pilih MOUSE OVER kemudian pada hiperlink to pilih ke slide ke dua.
  4. Pada slide kedua juga kita beri jebakan yang sama hanya mose overnya kita arahkan ke slide satu.

Tujuannya jika kita mau mendekat menu berjalan di slide pertama mouse akan bertemu dengan jebakan dan akan secara otomatis kita dibawah ke slide kedua yang berisi menu yang sudah di beri link ke halaman tujuan dan bila kita tidak jadi memilih menu dan mose kita tarik keluar maka mouse kita terjebak di slide kedua dan otomatis kita dibawa ke slide pertama, begitu seterusnya.

 

Tip & Trik

Mematikan Klik Kanan di saat slide show Pada Media Presentasi Pembelajaran

Power point adalah sebuah software presentasi yang sangat luas penggunaannya terbukti hampir semua orang memakai dalam presentasinya, dari penyajian dengan audensi terbatas maupun yang besar, dari pengajaran di kelas sampai workshop dan seminar.

Penggunaan power point yang meluas ini disebabkan karena beberapa kemudahan diantaranya, hampir semua komputer teristall sofware ini, mudah pengoperasiannya, dan kompatibel dengan pengolah kata sehingga bisa copy paste, tanpa memodifikasi apapun presentasi dapat berjalan baik, dan keunggulan lain pembaca sudah pasti bisa menambahkan sendiri hehehehe.

Dari beberapa kemudahan pengoperasionalannya, kali ini saya menekankan pada kemudahan perpindahan antar slide tanpa perlu scrip, dengan klik kanan kita bisa memanggil shortcut untuk perpindahan bahkan loncat antar slide.

Kemudahan diatas sangat cocok untuk presentasi yang tidak perlu bolak balik antar slide misal penyajian pada seminar, rapat, warkshop, tetapi kemudahan ini kurang pas kalau digunakan pada media pembelajaran yang arah navigasi(perpindahan slide) tidak linier ( dari slide pertama urut samapai slide terakhir) untuk itu perlu penyesuaian penggunaannya.

 

TIP TRIK Lainnya  ini :

  1. Dalam membuat media presentasi hendaknya dibuat tombol navigasi.
  2. Agar perpindahan slide betul-betul disebabkan oleh klik pada tombol maka seting on klik harus dimatikan termasuk fungsi klik kanan.
  3. Cara mematikan fungsi ini cukup sederhana, yaitu masuk menu slide show, pilih set up show, kemudian pilih menu Browsed at a kiosk (full screen)

Sekarang klik dan klik kanan sudah mati, sehingga perpindahan slide betul-betul karena tombol yang kita pilih, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

MEMBUAT ANIMASI MASKING DENGAN POWER POINT

Salah satu bentuk animasi adalah animasi masking yaitu animasi dengan efek cahaya atau kilatan cahaya salah satu contohnya adalah animasi efek lampu panggung. Efek ini biasa kita temui dalam tutorial flash. Sekarang mari kita membuat prinsip animasi masking di power point, miasal judul BAHAN AJAR kita beri efek masking ini, caranya:

  1. Membuat baground gelap misal (hitam)
  2. Membuat teks boxs JUDUL BAHAN AJAR warnanya huruf samakan dengan baground misal hitam
  3. membuat bayangan efek lampu panggungnya misal disini saya menggunakan warna putih dengan rincian sebagai berikut:
  • membuat lingkaran dengan warna putih dan warna garis dibuat no line ( tanpa garis lngkaran tepi )
  • Pilih lingkaran diatas kemudian beri efek warna (fill effects)  tab gradient, pilih two colour,colo 1 putih, color 2 putih
  • kemudian atus transparasinya from 0% to 100%
  • Pilih shading styles from center
  • pilih variant yang pertama
  • kemudian ok
  1. Kemudian atur ordernya dengan susunan, paling belakang warna baground, efek lingkaran dilanjut yang paling depan tulisan Judul Bahan Ajar yang mau diberi efek mask.
  2. Buat animasi berjalan pada lingkaran dan usahakan melewati judul yang kita animasi, jadi dehh

 

Membuat Animasi Tetap Berjalan

walau Di back berulang-ulang

 

Pada saat menggunakan power point untuk bahan ajar dan menggunakan tombol navigasi terutama next dan back di saat slide show awal sebelum smua slide terbuka animasi tidak ada masalah, tetapi disaat anda menggunakan tombol back bisa jadi animasi yang kita buat tidak jalan lagi seperti semula, hal ini merupakan kelebihan power point untuk memberi tahu kita bahwa slide tersebut sudah pernah dibuka dan file presentasi belum ditutup TETAPI kalau kita menghendaki setiap kita back animasi tetep berjalan seperti semuala tanpa harus menutup presentasi CARANYA CUKUP :

1. BUAT SLIDE KOSONG DIATASNYA DENGAN SLIDE TRANSISI DIBUAT AUTOMATIC DENGAN WAKTU 0 (nol)
2. TOMBOL BACK DIARAHKAN KE SLIDE KOSONG DIATAS SLIDE yang ada animasinya

ANIMASI BANDOL JAM

Pernah suatu kali berdiskusi dengan teman-teman guru fisika sedang ramai membikin animasi jarum jam dengan power point yang diinginkan adalah animasi seperti jarum jam yang bergeser dari kanan kekiri dan sebaliknya dengan posisi 90 derajat dari dasar jam, akhirnya didapatkan cara seperti berikut: Pertama buat lingkaran sebagai pendulum jam, kemudian buat garis 2 kali panjang jarum jam yang dikehendaki, group kedua obyek bulatan dan garis, kemudian beri animasi empasis spin dengan posisi awal horisontal beri sudut 180 derajat dan option timing auto reserve dan beri centang juga untuk smooth star dan smooth end, kemudian coba slide show, saat di slide show garis berputar tidak spt yang kita kehendaki, cari titik tengah antara penambahan garis dan lingkaran, kemudian tutupi garis dari titik tengah dengan garis yang warnanya sama dengan baground, ungrop dan group semua antara bundaran garis panjang dan garis penutup kemudian animasikan kembali seperti semula, jadilah bandol jam spt yang kita kehendaki

MEMBANGUN APERSEPSI

(bagian 1)

Disaat kita akan mengajar sebuah konsep apa saja pada siswa, guru sebaiknya memahami bahwa setiap siswa memiliki pengalaman, sikap dan kebiasaan yang berbeda, agar dapat menggali dan menghubungkan pengalaman, sikap dan kebiasaan siswa terhadap konsep yang akan kita ajarkan perlu kiranya kita kaitkan dengan apersepsi.

Apersepsi bisa berupa cerita, lagu, video ataupun gambar dll, kali ini saya akan memakai gambar sebagai apersepsi, karena menurut sebagian besar orang, satu gambar bisa mewakili sejuta kata, hehehehe

Mari sekarang kita buat apersepsi berupa beberapa gambar yang kita kemas dalam bentuk slide show dalam power point. Mengingat gambar-gambar ini nanti perlu ada narasi dari guru pengajar maka kita buatkan tombol pergantian gambarnya, dan agar tidak membutuhkan banyak slide (cukup satu slide saja) diperlukan bantuan animasi triggers dalam bentuk slide show.

“Slide Show yang saya maksud kali ini adalah saya memiliki 4 gambar yang akan tampil bergantian dari gambar 1, 2, 3, 4 kembali lagi ke gambar 1 dan seterusnya”, bukan kita bangun dengan macromedia flash tetapi dengan power point yang menurut saya semua guru familiar.

Oke kita buat animasinya tapi sebelumnya kita buat empat gambar yang sama ukurannya dan 3 buah tombol yang berupa gambar juga (menggunakan png)

Kita mulai menganimasikan:

 

1.    Kita insert 4 buah gambar yang kita buat sama ukurannya, dan 3 guah tombol.

 

2.   Pilih pada gambar ke 1, beri add effect beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium

3.   Pilih tombol yang pertama beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium

 

4.   Pilih gambar ke 2 dengan posisi order didepan gambar 1, beri add effect beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 1

5.   Pilih tombol yang  2 dengan posisi order didepan tombol 1, beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 1

 

6.  Pilih gambar ke 3 dengan posisi order didepan gambar 2, beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 2

7.  Pilih tombol yang  3 dengan posisi order didepan tombol 2, beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 2

 

8.   Pilih gambar ke 4 dengan posisi order didepan gambar 3, beri add effect entrance FADE dengan start with previous dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 3

 

9.   Pilih gambar ke 4 sekali lagi, beri add effect exit FADE  dengan start on click dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 3

10. Pilih gambar ke 3 sekali lagi, beri add effect exit FADE  dengan start on click dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 3

11. Pilih gambar ke 2 sekali lagi, beri add effect exit FADE  dengan start on click dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 3

12. Pilih tombol ke 3 sekali lagi, beri add effect exit FADE  dengan start on click dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 3

13. Pilih tombol ke 2 sekali lagi, beri add effect exit FADE  dengan start on click dengan speed medium, kemudian masuk ke option timing aktifkan animasi trigger pilih start effect on click pilih pada  tombol yang ke 3

 

Tugas anda sudah selesai, sekarang tinggal uji coba, bila sudah sesuai tinggal menempatkan semua gambar pada satu tempat bertumpuk, demikian juga tombolnya, bila menginginkan file yang sudah jadi bisa didownload disini,

 

MEMBANGUN APERSEPSI

(bagian 2)

Disaat kita akan mengajar sebuah konsep apa saja pada siswa, guru sebaiknya memahami bahwa setiap siswa memiliki pengalaman, sikap dan kebiasaan yang berbeda, agar dapat menggali dan menghubungkan pengalaman, sikap dan kebiasaan siswa terhadap konsep yang akan kita ajarkan perlu kiranya kita kaitkan dengan apersepsi.

Apersepsi bisa berupa cerita, lagu, video ataupun gambar dll, kali ini saya akan memakai video (kelanjutan dari bagian 1 yang menggunakan kumpulan gambar sebagai apersepsi), dengan 1 video bisa mewakili ratusan gambar, 1 gambar bisa mewakili ribuan kata hehehe.

Kehadiran alat digital membuat  kita menjadi mudah mengabadikan kejadian apapun dalam bentuk video, tidak perlu lagi transfer dari analog ke digital, alat-alat ini telah hadir dan kita bawa kemana-mana, misalnya kamera digital umumnya sudah bisa dipakai mengambil video, handycam digital bahkan HP kita pun bisa dipakai untuk mengabadikan video.

Video yang telah kita hasilkan yang berhubungan dengan pembelajaran dapat kita pakai sebagai apersepsi maupun motivasi bagi anak, yang bisa kita satukan dengan media pembelajaran kita misal di power point.

Tetapi bagi bapak/Ibu guru yang tidak sempat mengabadikan dan belum memiliki video, bisa menggunakan video yang sudah di upload di internet, misalnya video di youtube, dengan cara:

 

1.   Kita masuk ke web youtube, atau ketik url www.youtube.com

2.   Masukkan kata kunci untuk pencarian video pada search youtube, misal ketikkan demonstrasi mahasiswaindonesia

3.   Silahkan pilih salah satu video yang cocok, untuk kemudian kita download

Cara Membuka FILE ( menjalankan video)  hasil download dari you tube menurut pengalaman saya baik yang kita download berupa flc atau mp4 cukup satu player dan free aplikasi yaitu VLC Player, Bapak Ibu Bisa mendownload sofware ini dialamat ini , intall dan siap dipakai untuk membuka file hasil download dari yuotube.

Agar bisa di embed di power point harus didownload dan di convert dulu:

Cara mendownload video dari youtube ada beberapa cara diantanya:

1)  cara paling cepat, bapak ibu cukup menambah kata “kiss” tanpa tanda kutip didepan alamat youtube, misal alamat video di yuotube http://www.youtube.com/watch?v=7C26K1ynDw8 sekarang tambahkan kiss menjadi http://www.kissyoutube.com/watch?v=7C26K1ynDw8 kemudian tekan enter.

  • Bapak ibu tinggal klik download, syarat di komputer bapak ibu harus sudah terinstall plugin JAVA.

2)  Cara Cepat kedua, Bapak Ibu tinggal mengarahkan pada video yang telah dikehendaki, di stake itu akan muncul menu download otomatis JIKA di komputer Bapak Ibu telah terinstall REAL PLAYER 11, bila kedua cara tersebut tidak terpenuhi Bapak Ibu bisa gunakan cara ketiga karena tanpa syarat:

3)  Cara yang ketiga, Masuk dulu ke youtube :

Copy alamat embed yang ada di youtube

 

4)      Buka website keepvid di www.keepvid.com

 

5)  Pastekanalamat embed dari youtube ke url keepvid, tekan download kemudian muncul menu download dibagian bawah, pilih lagi download

Sampai langkah ini Bapak Ibu sudah mendownload video, tunggu sampai selesai hasil download an.

Kembali lagi pada pokok masalah memakai video yuotube untuk apersepsi dalam media presentasi kita, Video yang Bapak Ibu peroleh belum bisa langsung dipakai di power point tetapi harus di convert dulu. Caranya:

1)   Buka file hasil download biasanya diberi nama umum video, rename dulu nama video tersebut dengan tambahan ekstensi flv, misal demonstrasi.flv

2)   Download dulu free software convert flv ke mpeg alamatnya di: http://www.brothersoft.com/freez-flv-to-avi-mpeg-wmv-converter-download-59438.html atau klik disini

3)   Instal program tersebut, dan jalankan tekan tombol add brouse alamat video yang masih berekstensi flv tadi kemudian tekan start, tunggu sebentar sampai proses convert selesai

4)   Hasil video tadi siap disispkan di power point

Cara menyisipkan video di power point

  • cara langsung, buka power point buka menu insert pilih movie and sound kemudian pilih movie from file, arahkan pada tempat movie hasil convert tadi, kemudian pilih automatic, CARA INI mempunyai kelemahan hanya bisa jalan dan berhenti bila di klik di stake film, tidak bisa di geser sesuai keinginan kita, bila berkeinginan tombolnya seperti media player bisa dilakukan sebagai berikut:
  • buka power point, pilih menu view, pilih toolbar, pilih visual basic. Dari menu visual basic pilih menu control toolbox kemudian more control. Dari more control tarik ke bawah pilih windows media player. Setelah anda memilih windows media player pointer mos bapak ibu berubah jadi tanda +, silahkan di drag sebesar yang bapak ibu inginkan,
  • Hasil drag berupa kotak hitam, kemudia klik kanan pada kotak tersebut, pilih properties, dari menu properties keluar isian url, silahkan bapak ibu mengisi URL itu sesuai dengan tempat bapak ibu menyimpan file, misal d:\demonstrasi.mpeg

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s